, , , , , ,

CARA JITU MENGHADAPI PERSAINGAN BISNIS MASA KINI

Tantangan dalam dunia bisnis adalah munculnya pesaing dalam bisnis yang sama. Seorang pemilik usaha Bebek Goreng Ali Bagus Antra, mengungkapkan bahwa persaingan dalam bisnis akan selalu ada dan tak bisa dihindari. Harus punya bekal dalam menghadapi persaingan ini agar tak kalah bersaing. Ali berpendapat, dalam hal bisnis ada beberapa hal yang harus dipersiapkan untuk menghadapi persaingan bisnis

, yaitu

1. Konsep yang matang. Sebuah konsep bisnis yang matang juga sangat diperhatikan. Konsep bisnis yang terarah akan membantu kita untuk dapat mengenali berbagai potensi dan pangsa pasar yang ingin dituju. Selain itu konsep bisnis matang juga akan membuat bisnis bisa berjalan lebih maksimal. Dalam konsep bisnis, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan yaitu, selera masyarakat, karakteristik atau gaya hidup masyarakat, daya beli, sumber bahan baku, sampai adanya bisnis yang sama.

2. Business plan. Perencanaan bisnis yang matang, dapat membantu kita membuat perencanaan bisnis yang terarah. Dalam bisnis tidak bisa asal-asalan karena dalam berbisnis, yang anda pertaruhkan adalah investasi yang cukup banyak. Jika perencanaan tak matang, semuanya akan sia-sia dan rugi besar.

Yang termasuk dalam business plan ini antara lain: menjabarkan konsep bisnis, visi misi, rencana pemasaran, karyawan, rencana promosi, rencana pengaturan keuangan, sampai dengan menentukan analisis risiko yang mungkin dialami dalam sebuah usaha. Dengan perencanaan yang matang, Anda dapat tentukan jalan keluar atau solusi atas setiap masalah yang mungkin akan dihadapi, termasuk menghadapi persaing bisnis yang sama.

3. Evaluasi dan trobosan. Persaingan dengan bisnis saat ini yang sama seringkali tak bisa terhindarkan. Tapi sebenarnya persaingan ini dapat membuat Anda jadi lebih kreatif untuk inovatif untuk menciptakan sebuah nilai plus dalam produk yang anda jual. Inovasi yang dilakukan dalam berbagai sisi akan menarik pelanggan untuk melirik produk anda dibandingkan pesaing anda.

Selain inovasi, evaluasi terhadap kelangsungan bisnis juga perlu. Anda tidak bisa begitu saja acuh dalam menjalankan sebuah usaha, sebuah koreksi terhadap kekurangan dan nilai tambah dalam berbisnis juga sangat perlu untuk semakin memajukan bisnis anda.

4. Luasnya pasar. Menghadapi persaingan bisnis, salah satunya adalah dengan cara memperluas pasar produk. Perluasan pasar produk ini bisa diartikan memperluas fokus dan target pasar. Contohnya, jika awalnya hanya menjual aneka makanan pedas yang diperuntukan untuk orang dewasa, tak ada salahnya jika membuat varian menu baru yang dapat dinikmati oleh anak-anak. Perluasan pangsa pasar ini akan menambah pendapatan sekaligus memberi nilai lebih pada pelanggan terhadap produk yang dijual.

5. Standarisasi. Jika punya banyak cabang usaha memang bisa membantu untuk mengatasi masalah persaingan yang ketat dalam bisnis. Yang harus diperhatikan adalah kesamaan aneka produk yang dijual di semua cabang yang dimiliki.

6. Sistem bisnis. Sistem usaha yang kuat dapat membantu usaha agar bisa bertahan lebih lama dan untung. Buatlah sistem usaha yang stabil dan kuat. Setelah pondasi usaha dirasa kuat, maka lakukan perluasan pasar agar usaha anda menjadi semakin kompetitif.

Alhamdulillah Hasil dari Begadangku juga Begadangnya sahabat relasi selama ini menuai hasil, perbulan pun dapat dicapai Rp12.675.000,- untuk penjualan Laptop (Baru/Bekas), Servis Laptop/PC dan Koneksi antar Relasi Cetak Foto.

Bagaimana dengan anda Sekalian??
Sudahkah siap membangun Bisnis dengan kemampuan Modal yang Simpel dan menghasilkan yang Plus-plus dan No Malez??

Ayo tunjukkan Hobbi anda dan Kemampuan anda dalam berbisnis...
Eitss... tapi bukan Bisnis Online yang sering dikenal dengan Teknologi Forex atau semacam Investasi lainnya...
Begadang untuk Berkeringat
Berkeringat untuk mengikat cinta diatas Tinta K.U.A
Berkeringatlah untuk istri, anak dan keluarga kita masa depan.

Salam Success4son
Salam Suksesalam
Salam Windowsbie7

Share: