Hot Ads

Google+ Followers

Ada Cinta dan Ukhuwah Dibalik Ziarah Kubur

Acara ngirim doa kepada mayyit sperti yg dilakukan Ulama2 di indonesia, hadramaut, zabid, 'adn, haudaidah, murowa'ah, alu syumailah, dan di belahan dunia manapaun. Karena shodaqoh tidak muqoyyad bil waqt(shadaqoh tdk dibatasi oleh waktu), dimanapaun dan kapanpun juga shadaqoh adalah amal perbuatan yg shalihah, yang pahalanya nyampai ke Mayyit secara Ijma' disamping Do'a.


*Mukaddimah*
1. 'amalu ahlu madinah adalah hujjah dan dalil.
2. 'amalu khulafaaur Rosyidin adalah Hujjah al qoothi'ah.
3. At Tark(Bahwa Rasul s.a.w tidak menjalankan sesuatu) bukanlah dalil bahwa hal yg ditinggalkan itu sebagai larangan.
4. Al hadits al uhad yaqtadhil amal la al 'ilm. Maka dari itu hadits al uhad bisa menjadi Hujjah dalam 'amal Syari'ah dan tdk bisa menjadi Hujjah atas hukum aqidah.

*adakah Dalil yang menperbolehkan slametan seperti 7 hari kematian, 100 hr, dan setahun (Haul).

Mari kita simak Hadits di bawah ini:
(Saya pernah kebingungan tentang dalil slametan dan haulan, dan hadits ini saya minta langsung dari Syaikhuna Saalim bin Abdillah Bin Umar As Syathiri al mulaqqob bi Sulthoonul 'Ulama', beliau adalah murid Dari Al Muhaddits As Sayyid 'Alawy bin 'abbas Al maaliky al maghriby).

روي أن سيدنا أبي بكر الصديق رضي الله عنه لما توفي رسول الله صلى الله عليه وسلم وآله جمع أصحابه الكرام في المسجد على قراءة سورة البقرة وآل عمران بعد مرور عام من وفاة رسول الله صلى الله عليه وسلم وآله وحضر عمر وعثمان وعلي رواه ابن زنجويه في مسنده وابن حالويه والخرائطي في مسنده ويستفاد من المعنى أنه أهدى ثواب ذلك لرسول الله صلى الله عليه وسلم وآله
Artinya:
Di riwayatkan bahwa sesungguhnya sahabat Abu Bakar Shiddiq r.a mengumpulkan para Sahabat Nabi al kiram dalam masjid untuk menbaca surah al baqoroh dan ali imron setelah lewat setahun setelah wafatnya Rasulullah s.a.w, dan hadir dalam uzumah itu sahabat Umar, 'Utsman, dan Aly r.a.
Hr. Ibn znjaweh dlm karya al musnadnya, HR.ibnu halweh. HR. Al khorooithy dlm musnadnya,, dan dpat di ambil kesimpulan dari makna hadits bahwa pahala dr bacaan tersebut di hadiahkan kpd Rasulullah s.a.w.

Dari hadits di atas dapat kita simpulkan beberpa point penting di bawah ini:

1. Telah tsabit dengan jelas bahwa Sahabat Abu Bakar, Umar, 'Utsman, dan 'Aly R.A. Dan para sahabat .r.a telah menbacakan surat baqoroh dan aly imron setelah wafatnya Rasulullah s.a.w dan menghadiahkan ganjarannya kpd Rasulullah s.a.w.

2. Sebgaimana amal perbuatan para sahabat tersebut di akui kebenaranya oleh Rasulullah s.a.w dlm sabda beliau:
لا تجتمع أمتي على ضلالة
Artinya: tidak bersepakat(baik qoul maupun fi'l) atas keseatan.
Kitapun juga di suruh mengukuti para Sahabat al kiram dalam sabda Rasulullah s.a.w yg berupa:
عليكم بسنتي وسنة خلفاؤ الراشدين من بعدي
Artinya:berpegang teguhlah kalian dengan sunnahKu dan Sunnah khulafaaur Rosyidin stlah Ku.

3. Hadits di atas adlah merupakan bentuk Ijma' fi'ly dari sahabat Rasulullah s.a.w r.a yg menjadi hujjah scr qoth'i.

4. Hadits ini scr Nash merupakan dalil bagi amalan Haul (ngirim do'a kpd mayyit stlah setahun dari kematiannya), namun dalam kode etik ushul bahwa ''haul(ba'da mururi aam)'' merupakan sebuah kalimat yang tidak menpunyai mafhum(laa mafhuuma lah).
Dengan demikian bahwa ngirim doa maupun surat kpd mayyit tidak tertentu harus setahun setelah wafatnya si mayyit, baik itu di hari ke tujuh, ke 100 atau hari ke 1000 stlah wafatnya si mayyit, itu sah sah saja.

5. Hadits ini juga menjadi dalil scr Qoth'i bahwa berkumpul dengan menbaca surah dan ngrim do'a bukanlah merupakan bidengah scr syar'i, namun hal itu merupakan Sunnah dari Khulafaa'u rosyidin yang patut kita contoh.

6. Hadist ini tidaklah menjadi hujjah atas bathilnya sedekahan pd acra ngirim doa kpd mayyit sperti yg dilakukan Ulama2 di indonesia, hadramaut, zabid, 'adn, haudaidah, murowa'ah, alu syumailah, dan di belahan dunia manapaun. Karena shodaqoh tidak muqoyyad bil waqt(shadaqoh tdk dibatasi oleh waktu), dimanapaun dan kapanpun juga shadaqoh adalah amal perbuatan yg shalihah, yang pahalanya nyampai ke Mayyit secara Ijma' disamping Do'a.

Di samping maqom Almaghfurlah Gus Dur.
Tebu Ireng-Jombang 20 -05-2011

Artikel Paling HOT

Windowsbie7 Post

Loading...