Wednesday, May 25, 2011

Nafas Berat, Perut Kembung


anya : Dokter, saya mau tanya: Perut saya sering kembung dan napas terasa sesak/berat. Dada terasa sakit serta tenggorokan terasa tidak enak. Bagaimana mengatasinya?

Jawab : Perut kembung biasanya diakibatkan banyaknya gas yang timbul karena ketidaknormalan lambung. Bila keberadaan gas ini berlebihan maka lambung akan menekan organ-organ di sekitarnya. Bila ke atas maka akan mempengaruhi proses kembang-kempisnya paru paru. Inilah yang dirasakan sebagai perasaan sesak atau berat saat bernapas. Bila radang lambung itu meluas ke atas maka akan mempengaruhi pula kerongkongan sebagai jalan makanan. Akibatnya penderita akan merasakan terbakar atau panas di daerah dada atau rasa tidak enak. Jadi sumber dari keluhan anda di atas adalah lambung. Hindari makan makanan yang banyak mengandung gas seperti kol, sawi sera makanan yang merangsang, baik pedas maupun masam. Untuk obat-obatan bisa dikonsumsi antasida (penetral asam lambung) juga yang mengandung metilpolisiloksan. Hindari pula asap rokok dan kebiasaan makan tidak teratur. Minuman air madu juga sangat baik untuk kesehatan pencernaan. Wallahu a’alam.

[Disalin dari majalah As-Sunnah Edisi 11/Tahun XIV/1432H/2011M Diterbitkan Yayasan Lajnah Istiqomah Surakarta, Jl. Solo – Purwodadi Km. 8 Selokaton Gondangrejo Solo 57183]

No comments:

Post a Comment