Wednesday, November 30, 2011

Fitnah Dajjal

DAJJAL apa atau siapa?
Banyak diriwayatkan dalam beberapa hadist tentang apa atau siapa Dajjal. Dajjal adalah seorang manusia dari keturunan Yahudi. Dia bukan Jin atau apapun jua makhluk lain selain ia sebagai manusia yg ditangguhkan ajalnya “MinalMunzharin”
Dajjal adalah sebuah kata dalam Bahasa Arab, yang diturunkan dari akar kata “dajl”. yakni “pendusta, penipu, penghasut, dan orang terlaknat yang mengaburkan pemikiran, hati, kebaikan dan kejahatan, kebenaran dan kesalahan, yang menyembunyikan wajah sesungguhnya tentang suatu hal dengan cara menutupinya, yang mengembara ke setiap tempat”.
Sifat Badannya
Hadis Huzaifah ra katanya: Rasulullah saw telah bersabda : Dajjal ialah orang yang buta matanya sebelah kiri, lebat (panjang) rambutnya serta dia mempunyai Syurga dan Neraka. Nerakanya itu merupakan Syurga dan Syurganya pula ialah Neraka (Hadis Sahih Muslim).
Ada beberapa ciri perawakan Dajjal yg disebutkan dalam Hadis Rasulullah saw, diantaranya: Seorang yang kelihatannya masih muda; Berbadan besar dan agak kemerah-merahan; Rambutnya kerinting dan tebal. Kelihatan dari belakang seolah-olah dahan kayu yang rimbun. Dan tandanya yg paling ketara sekali ada dua :
Pertama: Buta mata kirinya dan kelihatan seperti buah kismis yg kecut, manakala mata kanannya tertonjol keluar kehijau-hijauan berkelip-kelip laksana bintang. Jadi kedua-dua matanya adalah cacat.
Kedua: Tertulis didahinya tulisan “Kafir (Kaf-Fa-Ra)”. Tulisan ini dapat dibaca oleh setiap orang Islam, sama saja ia pandai membaca atau tidak. Mengikut hadits riwayat At-Thabrani, kedua tanda ini menjelma dalam diri Dajjal setelah ia mengaku sebagai Tuhan. Adapun sebelum itu, dari kedua tanda yang terakhir ini belum ada pada dirinya. Buta Mata Kiri Dan Mata Yang Kanan Juga Tidak Difungsikan (buta kedua matanya)
Simbol dari ketidakpedulian/ kebutaan manusia akan hukum Allah Ta’ala, sudah tidak ada lagi batasan baik dan buruk, sifat egois, ketidakpedulian nasib sesama, fakir miskin meraja lela, anak yatim dibiarkan ditelantarkan, dsb.
Di Dadanya/Didahinya Tertulis “KAF FA RA”
Kufur secara bahasa berarti menutupi. Sedangkan menurut syara’ kufur adalah tidak beriman kepada Allah Ta’ala dan Rasulnya saw, baik dengan mendustakannya atau tidak mendustakannya. Dan orang yang kufur disebut orang Kafir. Macam macam orang kafir disebutkan dalam Al Qur’an :
  1. Kufur karena Mendustakan :Firman Allah Ta’ala : ”Dan siapakah yang lebih zalim daripada orang-orang yang mengada-adakan kedustaan terhadap Allah atau mendustakan yang hak tatkala yang hak itu datang kepadanya? Bukankah dalam neraka Jahannam itu ada tempat bagi orang-orang yang kafir?” (Al- Ankaabut:68)
  2. Kufur Karena Enggan dan Sombong : “Dan (ingatlah) ketika Kami berfirman kepada Para Malaikat: “Sujudlah kamu kepada Adam,” Maka sujudlah mereka kecuali Iblis; ia enggan dan takabur dan adalah ia termasuk golongan orang-orang yang kafir”
  3. Kufur karena Ragu (Qs Al Kahfi : 35 – 38)
  4. Kufur karena berpaling dari peringatan Allah Ta’ala (Qs Al-Ahqaf : 3)
  5. Kufur karena Nifaq (QS Al-Munafiqun : 3)
  6. Kufur karena tidak mensyukuri nikmat Allah Ta’ala (An-Nahl : 83)
  7. Kufur karena belajar dan Mengajarkan sihir (Al Baqarah : 102)
  8. Dan sifat kufur yang lain.
Kita lihat sekarang dalam kehidupan sehari hari kita semakin banyak kebanggaan manusia dalam berbuat kufur, contoh sederhana Dajjal yang semakin digemari di Indonesia saat ini “Puluhan Layanan SMS Ramalan Bintang” yang semakin digemari. Facebook pun tak ketinggalan dari layanan Ramalan Bintang. Lihatlah betapa bangganya Mereka yang menyediakan Layanan Ramalan itu, Meski mereka tahu sihir itu dilarang tetapi mereka bangga.
Pergaulan bebas ,dugem, narkoba, miras, sistem yang diadopsi dari negara penganut Dajjal kini semakin digemari oleh saudara kita di Indonesia, dan anehnya mereka yang demikian merasa bangga dan bahkan menganggap hal tersebut sesuatu yang harus.
Jelas Dajjal sudah ada di sekitar kita
Tempat Tinggalnya Sekarang
Menurut riwayat yg sahih yg disebutkan dalam kitab “Shahih Muslim”, bahwa Dajjal itu sudah wujud sejak beberapa lama. Ia dirantai di sebuah pulau dan ditunggu oleh seekor binatang yang bernama “Al-Jassasah”. Dari Hadits ini jelaslah bagi kita bahwa Dajjal itu telah ada dan ia menunggu masa yang diizinkan oleh Allah Ta’ala untuk keluar menjelajah permukaan bumi ini dan tempat “transitnya” itu ialah di sebelah Timur bukan di Barat.
Dajjal itu Sudah Berwujud Sejak Beberapa Lama.
Semakin menjelaskan bahwa Dajjal sebenarnya sudah ada di sekitar kita. Transitnya disebelah timur bukan di barat “jelas sekali yang menjadi sasaran Dajjal adalah orang timur (budaya timur) bukan orang barat karena sejatinya dari sana Dajjal berasal. Rasulullah saw bersabda : Tidak ada negara (dalam dunia) melainkan akan dipijak (dilanda) oleh Dajal kecuali Mekah dan Madinah kerana setiap jalan dan lereng bukit dijaga oleh barisan Malaikat. Oleh karena itu Dajal akan turun (berhenti) di satu kawasan bernama Sibkhah (tanah kering lagi masin) maka Madinah bergegar sebanyak tiga kali, kemudian semua para Kuffar (orang kafir) dan para Munafik keluar dari Madinah menemui Dajjal.
Dijelaskan dalam Hadist diatas negara yang tidak akan dipijak oleh Dajjal adalah Mekkah dan Madinah, dikatakan dalam hadist di atas semua orang kafir dan munafik keluar dari madinah menemui Dajjal, Kita lihat berapa banyak orang Muslim yang kaya dan mampu untuk melaksanakan Ibadah Haji akan tetapi lebih memilih berlibur/ berjalan jalan keluar negeri mereka telah keluar dari melaksanakan ibadah haji dan lebih memilih untuk berlibur ketempat wisata………!
Makkah dan Madinah adalah tempat tujuan untuk melaksanakan Ibadah Haji yang akan mengantarkan kita ke syurga akan tetapi terlihat seperti neraka. Sedangkan tempat berlibur seperti Pantai Kuta, Las Vegas, atau tempat tempat liburan yang lain terlihat seperti syurga padahal banyak sekali maksiat yang akan mengantarkan para penggemarnya ke neraka . Jelas Dajjal sudah ada di sekitar kita.
Berapa Lama Ia Akan Hidup Setelah Kemunculannya?
Dajjal akan hidup setelah ia memulai kerusakannya kepada umat ini, selama empat puluh hari saja. Namun begitu, hari pertamanya adalah sama dengan setahun dan hari kedua sama dengan sebulan dan ketiga sama dengan satu minggu dan hari-hari yang tersisa sama seperti hari-hari biasa. Jadi keseluruhan masa Dajjal membuat fitnah dan kerusakan itu ialah 14 bulan dan 14 hari. Kita lihat sekarang berapa kali dalam satu tahun bencana/ kerusakan yang terjadi di dunia? Tidak usah jauh- jauh kita lihat saja di Indonesia tempat kita tinggal bukankah terjadi fitnah dan kerusakan di mana-mana bahkan bisa dikatakan 1 tahun sekali. Jelas Dajjal sudah ada di sekitar kita.
Fitnah Dajjal:
Dajjal telah diberi peluang oleh Allah Ta’ala untuk menguji umat ini. Oleh kerana itu, Allah Ta’ala  memberikan kepadanya beberapa kemampuan yang luar biasa. Di antara kemampuan Dajjal ialah:
1. Segala kesenangan hidup akan ada bersama dengannya. Benda-benda beku akan mematuhinya. Sebelum kedatangan Dajjal, dunia Islam akan diuji dahulu oleh Allah Ta’ala dengan kemarau panjang selama 3 tahun berturut-turut. Pada tahun pertama hujan akan kurang sepertiga dari biasa dan pada tahun kedua akan kurang 2/3 dari biasa dan tahun ketiga hujan tidak akan turun langsung. Umat akan dilanda kemarau dan kekeringan. Di saat itu Dajjal akan muncul membawa ujian.
2. Ada bersamanya seperti syurga dan neraka. ebagaimana kita diberitahu dalam hadits “dia akan pula memiliki surga dan neraka bersamanya. Walaupun surganya akan nampak seperti surga, sebenarnya itu adalah neraka, dan begitu juga meskipun nerakanya akan nampak seperti neraka, sebenarnya itu adalah surga,”
3. Gambaran perjalanan Dajjal. Diriwayatkan dalam HR Muslim “Kami bertanya: Wahai Rasulullah! Bagaimana gambaran perjalanannya diatas muka bumi ini? Nabi menjawab:”Gambaran perjalanannya adalah seperti gambaran “Al Ghaist” (hujan atau awan) yang dipukul oleh angin yang kencang.” H.R Muslim
Wallahu’alam
kutipan penjelasan Zaenal Abidin  

No comments:

Post a Comment