Tuesday, June 5, 2012

Pertimbangan berpindah ke Windows 7 atau Tetap menggunakan Windows XP

Sistem operasi buatan Microsoft memang cukup banyak dan sangat cepat perkembangannya. Tidak bisa dipungkiri, sampai dengan sekarang sudah belasan system operasi yang sudah diproduksi. Berbagai macam kelebihan dan kekurangan dimiliki oleh masing-masing versi. Hingga tulisan ini dibuat, system operasi Windows yang terbaru adalah Windows 7, dan Microsoft sudah bersiap meluncurkan versi Windows terbaru, yaitu Windows 8. Yang jadi pertanyaan sekarang adalah, apakah setiap kali muncul versi Windows baru kita harus menggunakannya. Apa saja pertimbangan yang harus diperhatikan ketika kita hendak berpindah atau migrasi ke Windows 7 ? Berikut sobatpc.com akan sharing untuk anda.

Bukan tanpa sebab Microsoft meluncurkan Windows 7. Hal utama adalah karena memang versi Windows vista telah dianggap tidak begitu sukses di pasaran. Banyak penyebab yang mengakibatkan Windows vista tidak mendapatkan respon bagus dipasar, diantaranya performa yang kurang bagus (terlalu pelan), spesifikasi kebutuhan hardware yang terlalu tinggi dan harganya yang masih terlalu mahal untuk konsumen di Indonesia.

Memang benar Windows Vista telah berevolusi sangat bagus dari Windows XP, berbagai macam fitur ditambahkan, mulai dari sisi interface sampai dengan sisi keamanan.Tetapi tetap saja tidak bisa mendongkrak pasar untuk memaksimalkan penjualannya.

Kemudian dalam jarak yang tidak terlalu lama, Microsoft meluncurkan versi Windows 7, yang menurut cerita dari beberapa pengamat IT merupakan system operasi pengganti Windows Vista yang diharapkan mampu menutup lubang kekurangan yang dimiliki oleh Windows Vista.

Dan memang benar, Windows 7 bisa dikatakan sukses dalam meraih pasar. Penjualan Windows 7 sangat banyak, karena memang berbagai macam kekurangan dalam Windows Vista bisa ditutup di Windows 7, mulai dari system yang terlalu pelan hingga penambahan lagi perbagai macam fitur keamanan.

Tetapi tetap saja Windows 7 dibandrol dengan harga yang cukup tinggi, hampir setara dengan harga Windows 7, walaupun memang benar, dengan fitur sebanyak itu pasti pantaslah harga Windows 7 bisa setinggi diatas 1 juta rupiah.

Dari paparan diatas, perlukan kita bermigrasi atau berpindah ke Windows 7 ? Ataukah tetap bertahan menggunakan versi Windows yang lama, misalkan Windows XP ? Berikut ada beberapa pendapat pribadi yang mungkin bisa menjadi pertimbangan anda dalam menentukan pilihan, apakah harus berpindah ke Windows 7 atau tetap menggunakan Windows XP.
  1. Windows 7 membutuhkan perangkat dan hardware yang lumayan bagus agar semua fitur didalamnya bisa bekerja secara maksimal, terutama fitur grafisnya, oleh karena itu jika computer kita masih versi lama dan belum ada niat untuk upgrade hardware, mungkin harus berfikir ulang untuk berpindah ke Windows 7
  2. Sisi keamanan Windows 7 sangat bagus, karena adanya berbagai macam tambahan fitur jika dibandingkan dengan versi Windows sebelumnya. Jika anda memprioritaskan segi keamanan menjadi nomor pertama, maka anda wajib untuk berpindah ke Windows 7
  3. Windows 7 memiliki support masih sangat bagus, termasuk beberapa fitur otomatis seperti auto update yang bisa dengan otomatis menambal dan melengkapi fitur Windows 7. Tentunya hal tersebut akan sangat bermanfaat dalam efisiensi waktu, tetapi ini hanya berlaku bagi yang komputernya bisa terkoneksi dengan internet
  4. Tidak semua software versi lama bisa berjalan dengan baik di Windows 7, walaupun ada mode Competible yang disediakan agar software versi lama bisa berjalan di Windows 7. Hal tersebut biasanya terjadi pada software-software kecil yang sebenarnya bisa berjalan dengan baik di Windows XP, tetapi ternyata di Windows 7 tidak bisa berjalan. Jika anda mempunyai program dengan kriteria tersebut, maka anda harus melakukan pengecekan terhadap software tersebut, apakah bisa berjalan di Windows 7 atau tidak.
  5. Berbagai macam software besar dari vendor terkenal seperti Adobe dengan softwarenya Photoshop, Dreamweaver, Flash dan berbagai macam software besar lainnya mensyaratkan minimal sistem operasi untuk menjalankan software tersebut adalah Windows 7. Hal tersebut dikarenakan fitur yang ada dalam software tersebut memang banyak bergantung pada fitur yang disediakan oleh system operasi Windows 7. Jadi jika anda termasuk orang yang hobi dengan produknya Adobe, maka menggunakan Windows 7 bisa dikatakan sebuah keharusan.
  6. Fitur grafis di Windows 7 sangat bagus, karena dukungan direct x 10 dan beberapa fitur lain, sangat cocok bagi para gamer yang suka bermain game dengan tampilan memukau. Hal tersebut juga yang akan mengaktifkan semua fitur grafis yang ada pada game yang bersangkutan. Jika Masih menggunakan Windows XP, mungkin ada beberapa fitur grafis yang tidak bisa diaktifkan.
Demikian apa yang bisa sobatpc.com sharing, semoga bisa menambah wawasan pengunjung semua. Jika ingin menambahkan, silahkan tinggalkan di kotak komentar. Terima kasih


 Sumber: Windows