Saturday, November 26, 2011

Fakto Penyebab Psikosomatis Pada Anak

Psikosomatis adalah terjadinya keluhan fisik namun tidak di temukan adanya gangguan fisikal  yang dapat menjelaskan penyebab dari  keluhan tersebut. Psikosomatis bisa di sebabkan oleh faktor dari  dalam diri  anak sendiri  (internal ) atau karena faktor dari  lingkungan (eksternal).

A. Faktor dari dalam anak
Kondisi  emosional  anak yang mudah stres atau pencemas.
Pribadi  histerikan, yaitu anak dengan kebutuhan besar akan perhatian sehingga secara sadaar atau tidak akan menampi lkan tingkah laku “kesakitan” untuk menarik perhatian orang lain. Pribadi  introver yang cenderung memusatkan semua permasalahan yang ada ke dalam di rinya, sehingga persoalan-persoalan menekan yang tak bisa ia atasi  akan dipindahkan ke fungsi  tubuh yang lemah.

B. Faktor lingkungan
Pola asuh orangtua yang terlalu perfeksionis, yang tuntutan-tuntutannya pada anak terlalu tinggi , atau orangtua yang kerap memberi  label yang meruntuhkan harga diri  anak. Lingkungan yang mengganggu, misalnya cemburu karena kehadiran adik baru, sulit memahami  pelajaran di  kelas, atau takut pada guru yang galak, takut gagal  menghadapi  ulangan.

Ada beberapa hal  yang bisa di lakukan orangtua jika anak mengalami  psikosomatis, yaitu:

> Terima dan yakinkan diri  anak, dorong untuk tetap pergi  ke sekolah, namun hindari  cara pemaksaan.
> Jangan menuntut anak terlalu tinggi , karena setiap anak mempunyai  kemampuan yang berbeda, hargai  setiap usaha yang di lakukan anak.
> Berikan perhatian khusus agar secara emosional  ia merasa tenang dan nyaman. Perhatian dan kasih sayang akan memupuk anak menjadi  pribadi  yang mandi ri  dan percaya di ri .
> Biasakan mengajak anak bicara dari  hati  ke hati .
> Latih anak untuk bi sa melakukan relaksasi  sederhana demi  melawan kecemasannya.
> Melatih anak menggunakan imajinasinya utnuk membayangkan hal -hal  yang menyenangkan baginya.

Bila cara-cara ini  tidak memberikan perbaikan, sebaiknya bawa anak ke psikiater atau psikolog anak. Jangan lupa untuk memberikan semua hasil pengamatan yang telah Anda lakukan pada psikiater/psikolog anak karena akan sangat membantu.

Sumber:  NAKITA & klipingku.com

No comments:

Post a Comment