Wednesday, June 2, 2010

Jangan Takut Cit

CITA-CITA TINGGI ? TIDAK TAKUUT!
Tidak pernah salah kalau kita mempunyai cita-cita atau target yang tinggi. Tetapi bagaimana jika cita-cita tersebut berbenturan dengan kenyataan? Jangan putus asa dulu. Ikuti tips ini supaya cita-cita kita bisa berjalan bareng dengan kenyataan yang ada.

1. Perhitungkan faktor usia
Membutuhkan banyak energi dan waktu untuk mencapai target. Jadi mumpung masih muda, jalan masih panjang, buruan buat target apa yang ingin kita raih karena kesempatan masih luas.

2. Perhitungkan kemampuan
Boleh kalau kita buat banyak cita-cita hebat, tapi jangan lupa sama faktor kemampuan diri. Mampukah kita melaksanakan semua cita-cita tersebut? Buatlah target yang tidak melebihi kemampuan diri. Kalau kita ngotot mengejar target terus tidak mampu, wah, bisa terjebak frustasi nanti.

3. Eksplorasi diri
Bagaimana caranya supaya bisa tahu kemampuan diri kita? Eksplorasi dirilah terlebih dahulu. Kemudian ukur kemampuan kita sampai batas masksimal. Coba deh kita pelajari riwayat orang-orang sukses. Banyak orang sukses yang berawal dari nol.

4. Berpikir besar
Tetapkan target dengan berpikir besar. Bagaimana kita mampu meraih hal besar jika kita tidak berpikir besar.

5. Buatlah rencana yang matang
Buatlah target atau tujuan plus rencana langkah per langkahnya. Jangan lupa mempersiapkan rencana cadangan jika saja ada hal-hal yang tidak diinginkan terjadi.

6. Teguhkan pendirian
Jangan plin-plan atau terbawa arus. Apapun keputusan yang kita pilih pasti akan ada orang yang sependapat dan tidak. Kita boleh mengikuti pendapat tersebut atau tidak. Tapi yang pasti, kalau kita sudah yakin akan pilihan kita, please jangan biarkan orang lain mempengaruhi pikiran kita.

7. Berusahalah dengan keras
Hampir bisa dipastikan, apa pun target hidup yang kita tetapkan, cobaan akan datang menerpa. Jadikan cobaan tersebut sebagai tantangan bukan alasan untuk menyerah. Terus berusaha sampai batas kemampuan kita. Usaha yang keras selalu menghantarkan kita pada hasil yang memuaskan.

- Dirangkum dari berbagai sumber

No comments:

Post a Comment